Sunnah menyapu muka setelah shalat
Posted on January 17, 2009 by admin
– Mengenai amalan setelah shalat (setelah mengucapkan
salam berarti shalat sudah selesai) diantaranya yang menjadi amalan umat
muslim ialah sunah menyapu muka, mengenai hal akan saya jelaskan sebagai berikut :
Syaikh Daud bin ‘Abdullah al-Fathoni, yang menyebut dalam kitabnya “Munyatul Musholli” halaman 18, antara lain:-

كان رسول الله صلى الله عليه و سلم
إذا قضى صلاته مسح جبهته بيده اليمنى
ثم قال: أشهد أن لاإله إلا الله الرحمن الرحيم،
اللهم أذهب عني الهم و الحزن
Dalam “Bughyatul Mustarsyidin“,
kitab masyhur himpunan Sayyid ‘Abdur Rahman bin Muhammad bin Husain bin
‘Umar Ba ‘Alawi, Mufti negeri-negeri Hadhramaut, pada halaman 49
dinyatakan:

2. ‘Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a dan mengangkat kedua tangannya, maka beliau mengusap wajahnya dengannya”. Diriwayatkan oleh Abu Dawud (1492) dari Ibnu Lahi’ah dari Hafsh bin Hisyam bin ‘Utbah bin Abi Waqqash dari Sa’ib bin Yazid dari ayahnya.
3. ”Jika kamu berdo’a kepada Allah,kemudian angkatlah kedua tanganmu (dengan telapak tangan diatas), dan jangan membaliknya,dan jika sudah selesai (berdo’a) usapkan (telapak tangan) kepada muka”. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah (1181, 3866), Ibnu Nashr dalam Qiyaamul-Lail (m/s. 137),Ath Thabarani dalam Al-Mu’jam al-Kabir (3/98/1) & Hakim (1/536), dari Shalih ibn Hassan dari Muhammad ibn Ka’b dari Ibnu ‘Abbas radiallaahu ‘anhu (marfu’)
4. Hadits dari Ibnu Abbas diatas juga diriwayatkan oleh Abu Dawud (1485), dan Bayhaqi (2/212), melalui jalur ‘Abdul Malik ibn Muhammad ibn Aiman dari ‘Abdullah ibn Ya’qub ibn Ishaq dari seseorang yang meriwayatkan kepadanya dari Muhammad ibn Ka’b, dengan matan sebagai berikut :
”Mintalah kepada Allah dengan (mengangkat) kedua telapak tanganmu,dan minta pada-Nya dengan membaliknya, dan jika kau selesai, maka usaplah mukamu dengannya”.
5. Menerima pakai hadis Dhoif dalam segala jenis amalan yang berbentuk menggemar dan menakutkan (Fadhilah), dalam soal adab, sejarah, ketatasusilaan, kisah tauladan, manaqib (biodata seseorang), sejarah peperangan, dan seumpamanya adalah diHaruskan (dibolehkan). Perkara ini telah disepakati (Ijmak) oleh para ulamak seperti yang dinukilkan oleh Imam al-Nawawi, Ibn Abdul Barr dan selain mereka. Malah Imam al-Nawawi menukilkan pandangan ulamak bahawa dalam hal-hal tersebut disunatkan beramal dengan hadis Dhoif. Semua Mursal yang berada didalam al-Muwata telah diwasalkan oleh Imam-imam hadis dalam karangan-karangan mereka dari thuruq yang lain dan hadis dhoif dalam musnad Ahmad (Imam Hambali) adalah hasan.
6. Abu al-Syeikh Ibn Hibban dalam kitabnya al-Nawa’ib meriwayatkan secara Marfu’ hadis Jabir r.a yang menyebutkan:
AL Majmu’ Juz 4 hal 81
Atahdzir wattanwir Juz 11 hal 318
Al Mughniy Juz 1 hal 278
Bughyatul Mustarsyidin“, kitab masyhur himpunan Sayyid ‘Abdur Rahman bin Muhammad bin Husain bin ‘Umar Ba ‘Alawi, Mufti negeri-negeri Hadhramaut (yaman) , halaman 49.
Fathul Mu’in
Fathul Bari
Fathul Baari Imam Ibn Rajab Kitabusshalat Juz 7 hal 178 dan hal 201
Ibbanatul Ahkam: Imam Alwi bin Abbas al maliki
Jawaban Habib Munzir Almusawa tentang Fiqh Shalat
Munyatul Musholli, halaman 18, Syaikh Daud bin ‘Abdullah al-Fathoni
Mukhtasar Harari, 17 rukun shalat, hal 17
Shahih muslim
Shahih Bukhari
Sunan Imam Baihaqi Alkubra Juz 2 hal 211 Bab Raf’ul yadayn filqunut
Sunan Imam Baihaqi ALkubra Juz 3 hal 41
Syarh Nawawi Ala shahih Muslim Bab Dzikr Nida Juz 3 hal 324, dan banyak lagi
Syarah Shahih Bukhari li Ibn Batthal Juz 3 hal 424
Syarah Safinatunnajah
Sifat salat nabi, syaikh nasiruddin albany
Manaqib (Biografi) Albany
Syaikh Daud bin ‘Abdullah al-Fathoni, yang menyebut dalam kitabnya “Munyatul Musholli” halaman 18, antara lain:-

…Adapun sunnat yang dikerjakan kemudian daripada sembahyang, maka adalah Nabi s.a.w. apabila selesai daripada sembahyang menyapu dengan tangannya di atas kepalanya dan dibacanya: “Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih. Ya Allah, hilangkanlah daripadaku segala kebingungan (stress) dan kedukaan.”
( بسم الله الذي لا إله إلا هو الرحمن الرحيم. اللهم اذهب عني الهم و الحزن )
Alangkah indahnya amalan ini, di mana kita memohon kepada Allah agar
segala yang merunsingkan kita, yang membingungkan kita, yang
menggundahkan hati sanubari kita, yang bikin kita stress, yang membuat
kita berdukacita, sama ada ianya kedukaan dunia lebih-lebih lagi di
akhirat nanti, biarlah dihilangkan oleh Allah s.w.t. segala kerunsingan
dan kedukaan tersebut daripada kita. Amalan ini bukanlah memandai para
ulama membuatnya tetapi ada sandarannya daripada hadits Junjungan Nabi
s.a.w., dan jika pun hadits – hadits ini tidak shohih (yakni dhoif) maka
kaedah yang digunapakai oleh ulama kita ialah hadits dhoif itu adalah hujjah untuk fadhoilul a’maal.
Antara haditsnya ialah apa yang diriwayatkan oleh Imam Ibnus Sunni,
al-Bazzar dan Ibnu ‘Adi. Di sini aku nukilkan riwayat Ibnus Sunni dalam “‘Amalul Yawm wal Lailah” halaman 35, yang meriwayatkan bahawa Sayyidina Anas bin Malik r.a. berkata:-كان رسول الله صلى الله عليه و سلم
إذا قضى صلاته مسح جبهته بيده اليمنى
ثم قال: أشهد أن لاإله إلا الله الرحمن الرحيم،
اللهم أذهب عني الهم و الحزن
Adalah Junjungan Rasulullah s.a.w. apabila selesai daripada sholat, baginda menyapu dahinya dengan tangan kanan sambil mengucapkan: “Aku naik saksi bahawasanya tiada tuhan yang disembah selain Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih. Ya Allah, hilangkanlah daripadaku segala kegundahan dan kedukaan.”

(Faedah) Ibnu Manshur telah meriwayatkan bahawasanya adalah Junjungan Nabi s.a.w. apabila selesai sholatnya, baginda menyapu dahinya dengan tapak tangan kanannya, kemudian melalukannya ke wajah baginda sehingga sampai ke janggut baginda yang mulia, sambil membaca:Begitulah, wahai ikhwah sandaran kita untuk beramal dengan menyapu muka selepas salam sholat. Oleh itu jangan mudah gusar melihat yang melakukannya. Kalau kita tidak suka, maka bagi kita amalan kita dan bagi mereka amalan mereka.
بسم الله الذي لا إله إلا هو عالم الغيب و الشهادة الرحمن الرحيم“Dengan nama Allah yang tiada tuhan selainNya, yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Maha Pemurah, Maha Pengasih. Ya Allah, hilangkanlah daripadaku segala kegundahan, kesedihan dan kekesalan. Ya Allah, dengan pujianMu aku berpaling dan dengan dosaku aku mengaku. Aku berlindung denganMu dari kejahatan apa yang aku lakukan dan aku berlindung denganMu dari kepayahan bala` dunia dan azab akhirat.“
اللهم أذهب عني الهم و الحزن و الغم
اللهم بحمدك انصرفت و بذنبي اعترفت
أعوذ بك من شر ما اقترفت
و أعوذ بك من جهد بلاء الدنيا و عذاب الآخرة
***Penulis : Abu Haidar ( Pulau Pinang – Malaysia, https://salafytobat.wordpress.com )
Alumni Pondok Pesantren Darussa’adah (Jl. Purnawirawan 7 -Gunung Terang – Bandar Lampung)***
Lampiran
1. Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam, ketika mengangkat kedua tangannya untuk berdo’a, tidaklah
menurunkannya kecuali beliau mengusapkannya terlebih dahulu ke mukanya.Diriwayatkan oleh At Tirmidzi (2/244), Ibnu ‘Asakir (7/12/2).2. ‘Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a dan mengangkat kedua tangannya, maka beliau mengusap wajahnya dengannya”. Diriwayatkan oleh Abu Dawud (1492) dari Ibnu Lahi’ah dari Hafsh bin Hisyam bin ‘Utbah bin Abi Waqqash dari Sa’ib bin Yazid dari ayahnya.
3. ”Jika kamu berdo’a kepada Allah,kemudian angkatlah kedua tanganmu (dengan telapak tangan diatas), dan jangan membaliknya,dan jika sudah selesai (berdo’a) usapkan (telapak tangan) kepada muka”. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah (1181, 3866), Ibnu Nashr dalam Qiyaamul-Lail (m/s. 137),Ath Thabarani dalam Al-Mu’jam al-Kabir (3/98/1) & Hakim (1/536), dari Shalih ibn Hassan dari Muhammad ibn Ka’b dari Ibnu ‘Abbas radiallaahu ‘anhu (marfu’)
4. Hadits dari Ibnu Abbas diatas juga diriwayatkan oleh Abu Dawud (1485), dan Bayhaqi (2/212), melalui jalur ‘Abdul Malik ibn Muhammad ibn Aiman dari ‘Abdullah ibn Ya’qub ibn Ishaq dari seseorang yang meriwayatkan kepadanya dari Muhammad ibn Ka’b, dengan matan sebagai berikut :
”Mintalah kepada Allah dengan (mengangkat) kedua telapak tanganmu,dan minta pada-Nya dengan membaliknya, dan jika kau selesai, maka usaplah mukamu dengannya”.
5. Menerima pakai hadis Dhoif dalam segala jenis amalan yang berbentuk menggemar dan menakutkan (Fadhilah), dalam soal adab, sejarah, ketatasusilaan, kisah tauladan, manaqib (biodata seseorang), sejarah peperangan, dan seumpamanya adalah diHaruskan (dibolehkan). Perkara ini telah disepakati (Ijmak) oleh para ulamak seperti yang dinukilkan oleh Imam al-Nawawi, Ibn Abdul Barr dan selain mereka. Malah Imam al-Nawawi menukilkan pandangan ulamak bahawa dalam hal-hal tersebut disunatkan beramal dengan hadis Dhoif. Semua Mursal yang berada didalam al-Muwata telah diwasalkan oleh Imam-imam hadis dalam karangan-karangan mereka dari thuruq yang lain dan hadis dhoif dalam musnad Ahmad (Imam Hambali) adalah hasan.
6. Abu al-Syeikh Ibn Hibban dalam kitabnya al-Nawa’ib meriwayatkan secara Marfu’ hadis Jabir r.a yang menyebutkan:
(( من بلغه عن اللّه عز وجل شيء فيه فضيلة , فأخذ به ايمانا به , ورجاء لثوابه ,
أعطاه اللّه ذلك , وان لم يكن كذلك )).
“Barang
siapa yang sampai kepadanya sesuatu daripada Allah yang memuatkan
sesuatu fadhilat, lalu dia beramal dengannya kerana percaya terhadapnya
dan mengharapkan ganjaran pahalanya maka Allah memberikan yang demikian
itu, sekalipun sebenarnya bukan begitu”.4
Hadis
ini merupakan punca asas yang besar dalam membincangkan hukum-hukum
berkaitan hadis Dhoif, kerana tidak mungkin sabdaan ini terbit daripada
fikiran semata-mata tanpa Masmu’ (didengari dari Nabi s.a.w), bahkan ia
sebenarnya merupakan dalil bahwa bagi hadis-hadis Dhoif mempunyai asal
dan tanda pengesahan makbul (diterima).
Sesungguhnya
para Ulama menukilkan daripada Imam Ahmad bin Hanbal bahawa dalam soal
hukum-hakam, beliau berpegang dengan hadis yang Dhoif (jika ditampung
keDhoifan tersebut dengan kemasyhuran hadis terbabit). Beliau
juga mengutamakan hadis Dhoif dari pandangan akal. Beliau mengambil
hadis-hadis Dhoif pada perkara-perkara halus (seperti akhlak) dan
fadhoil. Seperti itu juga Ibnu Mubarak, al-Anbari, Sufiyan al-Thawri dan
di kalangan pemuka-pemuka umat r.ahum.
Rujukan :AL Majmu’ Juz 4 hal 81
Atahdzir wattanwir Juz 11 hal 318
Al Mughniy Juz 1 hal 278
Bughyatul Mustarsyidin“, kitab masyhur himpunan Sayyid ‘Abdur Rahman bin Muhammad bin Husain bin ‘Umar Ba ‘Alawi, Mufti negeri-negeri Hadhramaut (yaman) , halaman 49.
Fathul Mu’in
Fathul Bari
Fathul Baari Imam Ibn Rajab Kitabusshalat Juz 7 hal 178 dan hal 201
Ibbanatul Ahkam: Imam Alwi bin Abbas al maliki
Jawaban Habib Munzir Almusawa tentang Fiqh Shalat
Munyatul Musholli, halaman 18, Syaikh Daud bin ‘Abdullah al-Fathoni
Mukhtasar Harari, 17 rukun shalat, hal 17
Shahih muslim
Shahih Bukhari
Sunan Imam Baihaqi Alkubra Juz 2 hal 211 Bab Raf’ul yadayn filqunut
Sunan Imam Baihaqi ALkubra Juz 3 hal 41
Syarh Nawawi Ala shahih Muslim Bab Dzikr Nida Juz 3 hal 324, dan banyak lagi
Syarah Shahih Bukhari li Ibn Batthal Juz 3 hal 424
Syarah Safinatunnajah
Sifat salat nabi, syaikh nasiruddin albany
Atau download di :
*******************************************************************************************Manaqib (Biografi) Albany
Adalah tukang jam yang bernama
Muhammad Nashiruddin berasal dari negara Albania. Cukup sebagai bantahan
terhadapnya, pengakuanya bahwa dia dulunya bekerja sebagai tukang jam
dan hobinya membaca buku-buku tanpa mendalami ilmu Agama pada para
ahlinya dan tidak mempunyai sanad yang diakui dalam Ilmu Hadits bahkan
sanadnya terputus (tidak bersambung sampai ke Rasulullah), sanadnya
kembali kepada buku-buku yang dibacanya sendiri. Dia mengakui bahwa
sebenarya dia tidak hafal sepuluh hadits dengan sanad muttashil
(bersambung) sampai ke Rasulullah, meskipun begitu dia berani mentashih
dan mentadh’iftan hadits sesuai dengan hawa nafsunya dan bertentangan
dengan kaidah para ulama hadits yang menegaskan bahwa sesungguhnya
mentashih dan mentadhifkan hadits adalah tugas para. hafiz saja.
Al Albani, sebagaimana kits ketahui telah
menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya sebagaimana dia sebutkan dalam
kitabnya berjudul “Almukhtasar al Uluww; “, mengkafirkan orang-orang
yang bertawassul dan beristighatsah dengan para Nabi dan orang-orang
soleh seperti dalam kitabnya “at-Tawassul” . Dia, menganggap Nabi -SAW-
seorang yang sesat sebagaimana ia menuduh sesat orang-orang yang
bertawassul pads para Nabi dan para Wali dalam kitabnya “Fatawa al
Albani”. Dia juga mengkafirkan Ahlussunnah; al Asyairah dan (al
Maturidiyah dalam kaset rakaman suaranya yang dibagikan oleh
pengikutnya. Dialah yang menyerukan untuk menghancurkan al Qubboh al
Khadlra’ dan menyuruh memindahkan makam Nabi ke. luar Masjd sebagaimana
dalam kitabnya “Tandzir as-Sajid’ dan dia melarang umat Islam
mengucapkan dalam shalat merekaAssalamu ‘alayka ayyuhan-Nabiyy”. Dia
berkata: Katakan “Assalamualannabiyy alasannnya karena Nabi telah
meninggal, sebagaimana ia sebutkan dalam kitabnya yang berjudul “Sifat
shalat an-Nabi”. Dia juga memaksa Ummat Islam di Palestine untuk
menyerahkan Palestine kepada orang Yahudi sebagaimana dalam kitabnya
“Fatawa al Albani”. Dalam kitab yang sama dia juga mengharamkan Ummat
Islam untuk mengunjungi sesamanya dan berziarah kepada orang yang telah
mati di makamnya. Dia juga mengharamkan bagi seorang perempuan untuk
memakai kalung emas dalam, kitabnya “Adaab az-Zafaaf “, mengharamkan
etas Umat Islam berwudlu lebih dan satu mud dan mandi lebih dari lima
mud (satu mud takarannya sama dengan dua telapak Langan ukuran sedang),
perkataannya ini dikutip oleh “Majattah at¬Tamaddun”, Juga mengharamkan
Umat Islam membawa Subhah(Tasbih) untuk berzikir sebagaimana
dipaparkannya dalam kitabnya “Silsilah al Ahadits adl-Dha’ifah”,
mengharamkan Ummat Islam melaksanakan solat tarawih dua puluh raka’at di
bulan Ramadan sebagaimana ia katakan dalam kitabnya “Qiyam Ramadhan”.
Dia juga mengharamkan umat Islam melakukan shalat sunnah qabliyali
jum’at sebagaimana disebutkan dalam kitabnya yang berjudul “al Ajwibah
an-Nafah”. sebagaimana umum diketahui, ia juga mengharamkan membaca
al-Qur’an untuk orang-orang muslim yang telah meninggal dunia dan juga
mengharamkan perayaan maulid Nabi, mengharamkan ziarah ke makam, Nabi
Dan melarang mengucapkan lafazh “Sayyidina” untuk Nabi dan menganggapnya
bid’ah clan pelakunya seorang mubtadi’.
Ini adalah sebagian kecil dari sekian banyak
kesesatannya, kami hanya menyebutkannya secara ringkas karena
perkataan-perkataan tersebut jelas-jelas mendustakan al-Qur’an, Sunnah
dan ijma’ sehingga tidak memerlukan banyak tambahan penjelasan lagi. Ini
adalah bukti bahwa al Albani hanya ingin mengikuti hawa nafsunya
pangkat dan harta. Bagi orang yang tahu, jelas bahwa al Albani adalah “”
seburuk buruk Wahhabiyah (Wahhabiyah adalah agama yang banyak dibantah
oleh ulama mazhab empat) pada masa kini. Alhamdulillah banyak para Ulama
dan para ahli hadits yang membantahinya, di antara mereka adalah:
1. Muhaddits Syam Syekh Abd Allah al Harari
2. Muhaddits Maroko Svekh Abd Allah alGhumari
3. Muhaddits India Syekh Habib al-Rahman al Azhami
4. Mantan. Menteri Urusan Agama dan WakafEmiriyah Arab Bersatu Muhammad ibn Ahmed al Khazraji
5. Mantan Ketua MUI Propinsi DKI Jakarta K.H. M. Syafi’i Hadzami
6. dan banyak Ulama ulama lainnya.
Nasihat kami bagi seluruh umat Islam untuk tidak membaca kitab-kitabnya dan tidak merujuk kepada tashih dan tadh`ifnya dalam hadits. Justru kewajiban syar’i adalah melakukan tahzir terhadapnya dan terhadap karangan-karangannya yang mnyesatkan ummat. Mari kita jaga kesatuan aqidah dan ajaran islam serta membela Islam dan Muslimin.
3. Muhaddits India Syekh Habib al-Rahman al Azhami
4. Mantan. Menteri Urusan Agama dan WakafEmiriyah Arab Bersatu Muhammad ibn Ahmed al Khazraji
5. Mantan Ketua MUI Propinsi DKI Jakarta K.H. M. Syafi’i Hadzami
6. dan banyak Ulama ulama lainnya.
Nasihat kami bagi seluruh umat Islam untuk tidak membaca kitab-kitabnya dan tidak merujuk kepada tashih dan tadh`ifnya dalam hadits. Justru kewajiban syar’i adalah melakukan tahzir terhadapnya dan terhadap karangan-karangannya yang mnyesatkan ummat. Mari kita jaga kesatuan aqidah dan ajaran islam serta membela Islam dan Muslimin.
petikan Tahzir Al Syar`i
https://salafytobat.wordpress.com/2009/01/17/sunnah-menyapu-muka-setelah-shalat/
No comments:
Post a Comment